DPRD Kepahiang Gelar Rapat Pembahasan Raperda Tentang Kepemudaan

KEPAHIANG ,INK – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten kepahiang melalui pansus 1 menggelar rapat pembahasan rancangan peraturan daerah tentang kepemudaan diruang rapat badan anggaran DPRD pada Senin (15/06/2021). Rapat yang memiliki agenda menerima saran dan masukan dari tokoh pemuda,organisasi pemuda dan pemerhati pemuda ini berjalan dinamis dengan antusiasme penyampaian saran dan masukan dari para pemuda dan organisasi pemuda dikabupaten kepahiang.

Disampaikan tokoh pemuda Aan Julianda,SH bahwa melalui rapat pembahasan raperda kepemudaan hari ini saya menyampaikan kritik dan saran dalam penyempurnaan raperda, mulai dari mengkritisi dari Naskah Akademik. Dia mengatakan dalam draf raperda dapat lebih pada perbaikan substansi materi muatan dengan disesuaikan kulture masyarakat kepahiang agar produk legislasi DPRD periode ini dapat benar benar dinikmati manfaatnya bagi pembangunan pemuda.

“harapan kita apa yang jadi masukan dan harapan pemuda dapat diakomodir baik pada pemberdayaan, peningkatan kapasitas pemuda melalui pelatihan dan kewirausahaan. Sebelum disahkan kita minta pansus dapat melakukan uji publik kembali dalam rangka penyempurnaan raperda,” Kata Aan Julianda.

Habibi dari Ikatan Mahasiswa Kepahiang ( IMAKE) menyampaikan apresiasi atas dilibatkannya pemuda dalam pembahasan raperda kepemudaan.

“Saya sangat apresiasi DPRD kepahiang diikutsertakannya kami dalam pembahasan raperda kepemudaan. Kita inginkan dapat dilibatkan secara totalitas dalan pembahasan raperda kepemudaan,”pintanya.

Hal senada disampaikan Tere Ade Rempas dari Komunitas muslim kepahiang (Komik) yang menyatakan apresiasinya atas inisiatif DPRD membentuk raperda kepemudaan. Dia berharap dengan melibatkan pemuda dalam pembentukan raperda ini dapat membangkitkan kesadaran pemuda dalam pembangunan kepahiang.

“Hasil pembahasan raperda ini hingga disahkan dan implementasinya nanti dapat membangkitkan kesadaran dan pemberdayaan pemuda dalam pembangunan kepahiang,” Sampainya.

Apresiasi pembentukan raperda kepemudaan juga disampaikan oleh angga dari komunitas musik kepahiang. Dia mengatakan melalui raperda kepemudaan pemkab dapat lebih memfasilitasi kreatifitas pemuda kepahiang.

“Melalui raperda kepemudaan pemkab dapat memasilitasi kreatifitas pemuda kepahiang untuk lebih maju,” Kata Angga.

Deko Yansah dari Karang Taruna Kepahiang menyampaikan Raperda kepemudaan harus dapat mencakup semua pemuda termasuk pemuda disabilitas.

“Tadi kami usulkan tentang fasilitasi pemuda disabilitas, kita minta implementasi dari perda ini nantinya dapat memfasilitasi pemuda disabilitas ini,” Sampai deko.

Ketua HIPMI kepahiang Frengki,SE mengatakan telah menyampaikan saran dan masukan muatan raperda. Dia mengatakan kolaborasi pemuda dan pemkab kepahiang akan lebih mudah dalam perwujudan visi dan misi kabupaten kepahiang.

“Kita usulkan kolaborasi pemuda dan pemkab kepahiang dalam pembangunan. Pada muatan pasal kita minta pemuda dapat menghindari sara, hoak dan bully. Kita optimis raperda kepemudaan dapat lebih mudah dalam mewujudkan kepahiang maju mandiri sejahtera dan berdaya saing dengan pemberdayaan pemuda,” Kata Frengki.

Syandes dari Forum mahasiswa kepahiang (Fomak) mengajak para pemuda kepahiang untuk terus mendukung pembentukan raperda kepemudaan. Dia mengajak para pemuda untuk dapat memberikan saran dan masukan dalam pembahasan raperda ini.

” Kami sudah siapkan poin masukan bagi raperda kepemudaan dan sudah disampaikan. Melalui kesempatan ini saya mengajak pemuda kepahiang untuk memberikan saran dan masukan tambahan karena ruang untuk saran dan masukan masih terbuka,” Ajak Syandes.

Anggota Pansus Hendri A.Md mengatakan saran dan masukan dari para pemuda,organisasi pemuda sangat baik sekali dalam penyempurnaan raperda kepemudaan.

“Antusiasme pemuda dalam nenyampaikan saran dan masukan muatan raperda sangat baik sekali dalam penyempurnaan raperda kepemudaan. Dalam Provinsi Bengkulu Raperda kepemudaan ini merupakan inisiasi pertama dikabupaten kepahiang,” Kata anggota pansus Hendri,A.Md.

Ditambahkan anggota pansus Eko Guntoro,SH,dia mengapresiasi setiap usulan dan masukan yang disampaikan pemuda dan organisasi pemuda dalam pembahasan raperda kepemudaan.

“Terima kasih atas saran dan masukan dari pemuda dalam pembahasan raperda kepemudaan. Saran dan masukan akan ditindaklanjuti sesuai dengan peraturan dan perundangan berlaku, hadirnya raperda kepemudaan ini merupakan ini langkah kita dalam pembangunan kepemudaan dikabupaten Kepahiang,”Kata Eko Guntoro.

Sementara itu Wakil Ketua Pansus yang memimpin rapat Pembahasan Raperda Kepem iniudaan Hj Dwi Pratiwi mengatakan akan menindaklanjuti masukan dan saran yang diterima pansus pada hari ini.

“Alhamdulillah hari ini pansus mengundang pemuda dan organisasi pemuda serta pemerhati pemuda melakukan pembahasan raperda kepemudaan. Saran dan masukan akan kita tindak lanjuti dalam penyempurnaan Raperda Kepemudaan,” Kata Hj.Dwi Pratiwi.

Dia Menambahkan pada rapat hari ini kita berusaha untuk menyamakan persepsi,pikiran dan pandangan dalam pembahasan raperda kepemudaan.

“Raperda kepemudaan hadir dalam rangka memfasilitasi, mengakomodir, dan memberdayakan pemuda. sehingga nanti dapat menjadi payung hukum bagi pemuda dalam berinovasi dan membangun kreatifitas dalam proses pembangunan kabupaten kepahiang,” pungkas Hj.Dwi Pratiwi. (Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *