Sambut Hut Kepahiang Ke-19,Kecamatan Kabawetan Kuasi Juara Rebana

KEPAHIANG ,INK – Pemerintah Kabupaten Kepahiang sukses menyelenggarakan Lomba Rebana sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Kepahiang Ke-19 di Taman Santoso pada Senin (02/01/2023).

Kegiatan lomba ini diselenggarakan panitia penyelenggara yang berkolaborasi atas Pemerintah Kabupaten Kepahiang bersama TP. PKK dan DWP Kabupaten Kepahiang. Diikuti 37 peserta grup rebana yang terdiri dari 32 grup rebana desa/kelurahan, 2 grup rebana Kecamatan dan 3 grup rebana dari organisasi perangkat daerah Kabupaten Kepahiang.

Mengusung Tema “Gebyar Islami Dengan Lomba Rebana Menuju Kepahiang Kota Religius”, lomba yang dimulai pukul 08.00 WIB ini mewajibkan peserta membawakan 1 Lagu Wajib yang berjudul Ya Robbibarik dan 3 lagu pilihan yaitu Wanita Tiang Negara, Kota Santri dan Panggilan Haji.

Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, M.M., IPU yang membuka kegiatan ini menyampaikan bahwasanya lomba tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan HUT Ke-19 Kabupaten Kepahiang Tahun 2023 yang dipersembahkan untuk masyarakat Kepahiang sekaligus melestarikan kesenian budaya islami.

“Lomba rebana ini diharapkan dapat melestarikan kesenian islami yang telah tumbuh sejak dulu di Kabupaten Kepahiang, dan merupakan bagian dari upaya pembangunan pada bidang kebudayaan,” sampai Bupati Kepahiang.

Beliaupun kemudian berpesan agar kegiatan tersebut dapat dijadikan peserta sebagai ajang silaturahmi dan memperkuat kebersamaan dalam menyongsong HUT Ke-19 Kabupaten Kepahiang.

Usai dibuka melalui penabuhan rebana oleh Bupati dan jajaran, selanjutnya peserta secara bergantian tampil dihadapan 3 dewan juri yang dihadirkan dari Kabupaten Rejang Lebong demi memperoleh penilaian yang independen dan objektif. Hingga pukul 17.00 WIB setelah seluruh peserta tampil menyuguhkan hiburan rohani yang memukau seluruh hadirin, ketiga dewan juri mengumumkan pemenang lomba dimana Juara 1 hingga Juara Harapan 3 di sapu bersih oleh grup rebana asal Kecamatan Kabawetan, yaitu :

– Juara 1, Desa Bukit Sari
– Juara 2, Desa Tangsi Duren
– Juara 3, Desa Tugu rejo
– Juara Harapan 1, Desa Siderejo
– Juara Harapan 2, Desa Bandung Baru
– Juara Harapan 3, Desa Dumber Sari
– Pemenang Favorit, Kelurahan Sidodadi

Piala dan hadiah lomba dibagikan secara langsung oleh Bupati Kepahiang beserta jajaran yang turut menghadiri acara.

Untuk diketahui Lomba Rebana ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Kepahiang H. Zurdi Nata, S.IP., Sekretaris Daerah Dr. Hartono, M.Pd., Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepahiang H. Lukman, S.Ag., M.H., Ketua TP. PKK Kabupaten Kepahiang Ny. Efie Muhafilah Hidayat beserta Ketua TP. PKK Kecamatan se-Kabupaten Kepahiang, Ketua DWP Kabupaten Kepahiang dan seluruh Kepala OPD dilingkup Pemerintah Kabupaten Kepahiang yang tergabung dalam kepanitiaan penyelenggara lomba, dalam hal ini Sekretariat DPRD Kabupaten Kepahiang tergabung dalam tugas seksi dokumentasi. (Rls/HD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *