Terobosan Baru PN Kepahiang Sidang Diluar Kantor

Kepahiang,Ink –Terobosan baru dilakukan Pengadilan Negeri Kepahiang Propinsi Bengkulu. dapat melaksanakan sidang diluar gedung pengadilan seperti terpantau melakukan sidang di kantor Kecamatan Tebat Karai, Selasa (21/3/23).

Dengan diadakannya sidang keliling ini bertujuan memudahkan akses menuju keadilan bagi masyarakat yang memiliki hambatan fisik atau hambatan geografis, serta tercapainya proses peradilan sederhana, cepat dan biaya ringan.

Hakim Pengadilan Negeri Kepahiang Wiski Pebrianti,SH MH menjelaskan, dengan dilaksanakannya sidang diluar gedung pengadilan untuk mencapai masyarakat yang wilayahnya jauh dari pengadilan.

“Fungsi dari pengadilan salah satunya memberikan kemudahan kepada masyarakat, dimana yang jaraknya jauh dari pengadilan dapat mengikuti sidang keliling pada wilayah tempatnya tinggal. Sejauh ini di Kecamatan Tebat Karai sudah 5 perkara yang disidangkan, ke depan kita berharap dapat diikuti kecamatan lain dengan melakukan koordinasi, yang tujuannya tidak lain untuk memudahkan masyarakat,” jelas Wiski.

Sementara itu, Camat Tebat Karai Renal, M.p menjelaskan pihaknya menyambut baik terkait dengan adanya program sidang diluar pengadilan atau sidang keliling yang dilaksanakan di Kecamatan tersebut. Menurutnya, warga sangat antusias dan dimudahkan dalam hal pelaksanaan sidang, sehingga tidak perlu jauh ke pengadilan.

“Masyarakat tentu sangat terbantu dengan adanya pelaksanaan sidang diluar gedung pengadilan ini, dengan harapan kedepan masyarakat tidak lagi merasa sulit terkait pelayanan perdata yang akan diajukan, karena PN memudahkan dengan sidang PN,” jelas Renal.(rls/Bp)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *