Sekda Hadiri Rapat Paripurna Hut Kabupaten Kepahiang Ke-20

KEPAHIANG,INK – Dalam Rangka Memperingati Ulang Tahun Kabupaten Kepahiang Propinsi Bengkulu Ke -20.07 Januari -2004 -07 Januari -2024.Sekretaris Daerah (Sekda).Hadiri Rapat Paripurna Di Gedung DPRD Kepahiang.(06/01/2024).

Melalui momentum peringatan HUT Kabupaten Kepahiang ini Ketua DPRD, Windra Purnawan, SP yang memimpin rapat mengajak seluruh elemen dapat terus mengobarkan api pembangunan menjadi lebih baik demi kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Kabupaten Kepahiang.

Oleh sebab itu dia mengatakan tugas Pemerintah Daerah beserta seluruh pemangku amanah pembangunan dituntut untuk dapat menjaga kebersamaan, bekerja keras, berikhtiar cerdas, bersungguh-sungguh dan merawat konsistensi pencapaian target-target pembangunan.

“Kita wajib bersyukur menjadikan hari kelahiran Kabupaten Kepahiang sebagai inspirasi dan motivasi, dalam upaya mengisi kembali setiap detik perjuangan demi Kabupaten Kepahiang yang lebih baik. Mari kita jadikan catatan perjalanan hari ini dan ke depan dengan kerja-kerja produktif untuk meraih cita-cita dan harapan bangsa, baik yang akan kita nikmati maupun yang akan kita bangun bagi generasi penerus nanti,” ujar Windra Purnawan.

Sedangkan terhadap tema yang diusung pada peringatan HUT Kabupaten Kepahiang Ke-20, yaitu “Kepahiang Maju Menuju Pemilu Berintegritas,” Ketua DPRD meminta seluruh stakeholder terkait dapat berperan serta dalam mensukseskan Pemilu 2024 yang berintegrasi. Dia pun mengingatkan agar ASN di Kabupaten Kepahiang dapat menjunjung asas netralitas seperti yang diamanatkan UU. Nomor 5 Tahun 2014.

“Di sini kita sepakat, biarlah siapapun yang bertanding baik tingkat pusat, daerah ataupun legislatif, proses itu untuk menentukan kader-kader pemimpin terbaik. Tetapi sebagai ASN yang mewakili jalannya roda pemerintahan harus tetap pada posisi netral supaya pemilu 2024 bisa berjalan sukses secara jujur dan adil,” ungkap Ketua DPRD Kepahiang.

Sementara itu Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, M.M., IPU pada kesempatan ini menyampaikan laporan capaian dan prestasi Kabupaten Kepahiang dalam urusan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Tahun 2023. Sedangkan terhadap APBD 2024 dia menjelaskan terjadi sedikit kenaikan dari APBD 2023 setelah perubahan.

“Kenaikan dari sebesar lebih kurang 734 M menjadi lebih kurang 784 M. Kondisi demikian akibat masih terbatasnya pendapatan daerah, dimana keadaan ini menuntut penajaman skala prioritas dan mengutamakan sektor Pendidikan, Kesehatan dan Infrastruktur Dasar. Namun demikian, saya mengajak semua OPD dan komponen masyarakat untuk tetap semangat menjalankan tugas dan fungsi masing-masing, walaupun dengan sumber daya terbatas,” jelas Bupati.

Dia melanjutkan bahwa kenyataan tersebut menyebabkan banyak aspirasi dan kebutuhan masyarakat yang disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Kepahiang dan juga melalui DPRD Kabupaten Kepahiang belum dapat direalisasikan sepenuhnya sebagaimana yang diharapkan masyarakat.

“Selaku Bupati Kepahiang, saya selalu mendorong agar Kepala Dinas/Badan dan Unit Kerja di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepahiang untuk terus menerus mengembangkan jejaring kerja (networking) dengan Kementerian/ Lembaga di Pusat, bersikap pro aktif mengakses menu Program dan Kegiatan yang tersedia ataupun mengusulkan kegiatan yang sangat dibutuhkan masyarakat Kabupaten Kepahiang. Dengan demikian diharapkan ada inovasi dan terobosan di tengah keterbatasan kemampuan keuangan daerah yang kita alami,” tutup Bupati Kepahiang.

Selanjutnya Wakil Gubernur Bengkulu, H. Rosjonsyah Syahili Sibarani, S. Sos, M. Si yang berkesempatan hadir menyampaikan ucapan selamat atas capaian dan prestasi yang berhasil diraih Kabupaten Kepahiang hingga saat ini. Dia pun berharap dengan bersatunya stakeholder di Kabupaten Kepahiang tentunya menjadi kekuatan dalam mengelola setiap potensi hingga berdampak baik bagi kemajuan pembangunan Kepahiang.

“Kabupaten Kepahiang mempunyai potensi di berbagai sektor seperti perkebunan, pertanian, pariwisata dan lain-lain. Potensi ini harus dimanfaatkan dan dikelola dengan baik sehingga berdampak bagi kemajuan dan peningkatan ekonomi masyarakat Kepahiang,” ujar Wakil Gubernur Rosjonsyah.

Terhadap hal itu dia meminta Pemerintah Daerah beserta jajaran, TNI, Polri dan segenap elemen masyarakat untuk saling bahu-membahu, bekerja keras dan menyatukan visi untuk mewujudkan Kabupaten Kepahiang yang lebih baik.

“Saya yakin dengan semangat gotong royong dan tekad yang bulat, kedepannya Kabupaten Kepahiang akan terus maju dan menjadi contoh bagi daerah lainnya. Sekali lagi selamat ulang tahun ke-20 Kabupaten Kepahiang, maju terus, terintegrasi dalam pemilu yang berintegritas dan menjadi kebanggaan bagi kita semua,” demikian Rosjonsyah.

Untuk diketahui rapat ini juga dihadiri Wakil Ketua I DPRD, Andrian Defandra, S.E., M.Si, Wakil Ketua II DPRD, Hariyanto, S.Kom., M.M beserta 20 Anggota DPRD Kabupaten Kepahiang. Turut hadir Staf Ahli Gubernur di bidang Kemasyarakatan dan SDM, Drs. H. Herlangga, M.Si, Wakil Bupati Kepahiang, H. Zurdi Nata, S.IP., Sekda Kabupaten Kepahiang, Dr. Hartono, M.Pd, Forkopimda Kabupaten Kepahiang, Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Veteran Kepahiang, Tokoh Presidium Kabupaten Kepahiang, Kepala Dinas, Badan dan Kantor di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepahiang, Camat beserta Kepala Desa se-Kabupaten Kepahiang, Kepala Sekolah di Kabupaten Kepahiang, tokoh agama, tokoh masyarakat, perwakilan organisasi masyarakat dan kepemudaan, serta tamu undangan lainnya yang berasal dari dalam maupun luar daerah Kabupaten Kepahiang.(Prw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *